Kab. Mojokerto (MTsN 2 Mojokerto) – UM (Ujian Madrasah) bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik, sesuai standar kompetensi lulusan pada akhir jenjang pendidikan. UM berfungsi sebagai umpan balik bagi madrasah untuk kepentingan proses pembelajaran dan perbaikan mutu pendidikan di waktu berikutnya. Oleh karena itu, kepala madrasah melakukan pemeriksaan identitas pada lembar jawaban peserta UM, Rabu (11/05).

Sekretaris UM Edi Suwanto mengatakan peserta yang mengikuti UM sebanyak 287. UM dilaksanakan tanggal 10 s.d. 19 Mei 2022, dimulai pukul 07.30-09.30 WIB pada jam pertama dan di jam kedua pukul 10.00-11.30 WIB. Bidang studi UM adalah Bhs. Indonesia, Qur’an Hadist, Bhs. Inggris, Akidah Akhlak, IPS, SKI, Matematika, IPA, PKN, Seni Budaya, Bhs. Jawa, Bhs. Arab, PJOK, Fiqih, dan Prakarya.

Edi Suwanto juga mengatakan kepada pengawas, ada tiga berita acara yang harus ditandatangani yaitu berita acara penyelenggaraan UM, berita acara serah terima naskah soal, berita acara serah terima lembar jawaban, dan satu lembar daftar hadir peserta UM. Jumlah ruang yang dibutuhkan panitia UM sebanyak 17 ruang dengan pembagian 15 ruang untuk peserta UM, 1 ruang panitia, dan 1 ruang tempat istirahat pengawas.

Kepala MTsN 2 Mojokerto Nur Kholis mengingatkan panitia UM dan pengawas selalu memeriksa identitas peserta UM pada saat mengerjakan soal. Tidak kala pentingnya kejujuran dalam mengerjakan soal pun harus ditegakkan, agar peserta UM belajar dengan sungguh-sungguh. Beliau juga katakan panitia UM harus selalu koordinasi dengan wali kelas dan guru BK. Dengan begitu insyaalloh kegiatan UM berjalan lancar, tertib, dan sukses.

Kapala madrasah Nur Kholis mengatakan peserta UM yang tidak hadir, supaya di beri soal susulan di hari lain dan panitia beserta wali kelas menginformasikan kepada peserta UM dan orang tua. (SK. Edi S)

Leave a Comment