Kab. Mojokerto (MTsN 2 Mojokerto) – Supervisi perangkat pembelajaran merupakan penjamin mutu perangkat pembelajaran. Supervisi perangkat pembelajaran memiliki fungsi penting untuk membimbing  guru-guru agar mampu membuat perangkat pembelajaran buku kerja satu dan buku kerja dua.

Supervisi perangkat pembelajaran secara implementatif dilaksanakan oleh kepala madrasah atau guru yang ditugaskan oleh kepala madrasah selaku penanggungjawab pendidikan di madrasah. Maka dari itu, MTsN 2 Mojokerto melaksanakan supervisi perangkat pembelajaran guru bidang studi pada hari Selasa, (07/09).

Kepala MTsN 2 Mojokerto Nur Kholis mengatakan,” supervisi perangkat pembelajaran sangat diperlukan dalam rangka menghasilkan peningkatan perangkat pembelajaran yang sesuai aturan kurikulum terbaru, dan menjamin terwujudnya kreativitas guru dalam membuat perangkat pembelajaran pada buku kerja satu dan dua”, tutur Nur Kholis.

Nur Kholis mengatakan isi buku kerja satu adalah SKL, KI, KD, Silabus, RPP, dan KKM, dan isi buku kerja dua adalah Kode Etik Guru, Ikrar Guru, Tata Tertib Guru, Pembiasaan Guru, Kalender Pendidkan, Alokasi Waktu, Program Tahunan, Program Semester, dan Jurnal Agenda Guru.

Kepala madrasah Nur Kholis menugaskan Waka. Kurikulum untuk menunjuk beberapa guru membantu mensupervisi perangkat pembelajaran buku kerja satu dan dua.

Waka. Kurikulum Renggowati menunjuk Bapak/Ibu unsur pimpinan untuk mensupervisi Guru bidang studi yaitu Nur Kholis, Renggowati, Aslihatun Nikmah, Husnuz Zaimah, Mu’jizatul Ainiyah, Endarwati, Edi Suwanto, dan Sungkono,

Renggowati juga menyampaikan fungsi umum dari supervisi adalah pertama sebagai penjamin mutu perangkat pembelajaran. Kedua sebagai pendorong guru membuat perangkat pembelajaran yang inovatif sesuai aturan. Dan ketiga sebagai acuan guru dalam mengajar. Semua itu dilakasnakan untuk mengetahui kelengkapan administrasi guru sebagai pendidik yang professional, ujar Renggowati. (SK. Renggo)        

Leave a Comment