Kab Mojokerto (MTsN 2 Mojokerto) – Dalam perpaduan antara teknologi dan hiburan, dunia telah menyaksikan perkembangan fenomena baru yang dikenal sebagai Electronic Sport (E-Sport) merupakan kompetisi permainan video. E-Sport umumnya dimainkan para pemain profesional dan ini mirip dengan olahraga fisik. Pemain berkompetisi dalam berbagai permainan video populer, baik individu maupun tim, dengan tujuan untuk prestasi dan memenangkan hadiah. Maka dari itu, MTsN 2 Mojokerto ikut kompetisi E-Sport Journalition 3.0 di SMAN 1 Trawas Mojokerto tingkat Jawa Timur, Sabtu (20/04/2024).
Hefty Magda Lestari salah satu guru IT MTsN 2 Mojokerto yang membimbing dan mendampingi 5 siswa MTsN 2 Mojoketo dalam lomba E-Sport Journalition di SMAN 1 Trawas Mojokerto, menyampaikan bahwa tim MTsN 2 Mojokerto masuk babak penyisihan. Yang masuk babak penyisihan adalah yaitu MTsN 3 Pasuruan 2 tim, SMPN 1 Ngoro Mojokerto, MTsN 2 Mojokerto, SMPN 1 Trawas Mojokerto, dan SMPN 2 Trawas Mojokerto yang dilaksanakan tanggal 18 April 2024. Dan tanggal 20 April 2024 dilaksanakan semifinal di SMAN 1 Trawas Mojokerto. Yang masuk final ada empat tim yaitu MTsN 2 Mojokerto, SMPN 1 Ngoro Mojokerto, SMPN 1 Trawas Mojokerto, dan SMPN 2 Trawas Mojokerto.
“Alhamdulillah” guru pembimbing Hefty mengatakan MTsN 2 Mojokerto juara 2 E-Sport, dengan nama siswa, Pandu, Abidzar, Basofi, Raihan, dan Maysa.
Kepala MTsN 2 Mojokerto Misbakhul Arifin mengucapkan Puji Syukur Kepada Allah SWT dengan ucap “Alhamdulillahirobbil Alamin”, dan apresiasi terima kasih kepada guru pembimbing MTsN 2 Mojokerto Hefty Magda Lestari yang sudah membimbing dengan ekstra dan tidak mengenal lelah, begitu juga dengan kelima siswa satu tim yang sudah mengikuti dengan baik, dan akhirnya mendapat juara 2 E-Sport Journalition tingkat Jawa Timur yang diadakan oleh SMAN 1 Trawas Mojokerto.
Kepala madrasah Misbakhul Arifin mengatakan E-Sport menjadi fenomena budaya yang signifikan, menggabungkan teknologi, hiburan, dan kompetisi dalam satu paket yang menghibur dan mendebarkan. Meskipun menghadapi tantangan dan kontroversi, dampak E-Sport terhadap budaya dan ekonomi.
Kepala madrasah katakan kepada siswa yang suka bermain E-Sport/game online. “Game online telah menjadi salah satu hiburan populer dikalangan berbagai usia, karena game daring ini telah berkembang pesat seiring majunya teknologi”, imbuh Misbakhul Arifin. (S. Hefty)