Kab. Mojokerto (MTsN 2 Mojokerto) – Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki destinasi wisata lengkap. Wisata Jawa Timur pun sangat beragam, mulai dari wisata alam, wisata kota, hingga wisata religi dan sejarah yang bisa wisatawan kunjungi. Salah satu wisata Jawa Timur yang cukup menarik perhatian adalah wisata religi. Disamping itu keindahan alam Indonesia sangat mempesona yang memiliki berbagai ragam daya tarik dan keindahan budaya dari Sabang sampai Merauke. Maka, Siswa kelas VII MTsN 2 Mojokerto mengunjungi tempat-tempat bersejarah di wilayah provinsi Jawa Timur, Selasa (7/3).

Kepala MTsN 2 Mojokerto Nur Kholis dalam sambutannya menyampaikan tujuan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah adalah untuk memperdalam dan menambah wawasan pelajaran IPS dan Agama serta pelajaran pendukung lainnya. Selain itu, pembelajaran menyenangkan, karena selama ini belajar dari buku paket, tapi siswa tidak melihat secara langsung kenyataannya.

Dalam sambutannya Nur Kholis mengharapkan peserta wisata religi, selesai kegiatan siswa wajib menyusun laporan dengan kelompoknya masing-masing dan laporan yang dibuat sesuai lokasi observasi yang diamatinya. Dengan cara inilah siswa akan mengingat kembali penjelasan yang disampaikan oleh tim dari lokasi yang dikunjungi, serta foto-foto yang diambil sebagai dokumentasinya.

Setyo Nugroho selaku ketua panitia menyampaikan lokasi yang dikunjungi adalah Museum Mpu Tantular, Pantai Kenjeran, Makam Sunan Ampel, dan Masjid Akbar. Selain itu, siswa di beri tugas menjawab pertanyaan yang sudah disiapkan oleh guru bidang studi IPS dan Agama. Untuk pembuatan laporan di pandu oleh guru bidang studi IPS dan Agama kelas VII serta Bapak/Ibu Wali kelas. Jumlah siswa yang mengikuti kegiatan tersebut adalah 287.  

Kepala madrasah berharap,” Bapak/Ibu wali kelas, pendamping, dan pembimbing harus selalu mendampingi cara kerja siswa baik dilokasi maupun di madrasah saat menyusun laporan, agar hasil pekerjaan laporan siswa cepat selesai dan benar.” imbuh Nur Kholis. (S. Nugroho)                                                                                                                                                                                                                                 

Leave a Comment