Kab. Mojokerto (MAN 2 Mojokerto) Bekerjasama dengan UPT Puskesmas Sooko, MAN 2 Mojokerto menyelenggarakan gerakan “Aksi Bergizi” (26/10) di gedung indoor madrasah.

Kegiatan ini merupakan gerakan Nasional yang bertajuk “Aksi Bergizi” yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan, Kemendikbud dan Kemenag. Diikuti oleh seribu sekolah, madrasah dan pesantren di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Kecamatan Sooko Mojokerto, “Aksi Bergizi” ini dilakukan oleh 4 (empat) sekolah, yaitu MAN 2 Mojokerto, SMAN 1 Sooko, SMKN 1 Mojokerto dan SMPN 1 Sooko.

Di MAN 2 Mojokerto sendiri diikuti oleh 100 siswi dari seluruh jenjang kelas. Mereka mewakili 843 siswi MAN 2 Mojokerto untuk bergabung dengan ribuan siswa lainnya di seluruh Indonesia yang tengah melakukan aksi yang sama. Acara diawali dengan mengikuti upacara pembukaan secara Online. Pembukaan “Aksi Bergizi” dilakukan langsung oleh Menteri Kesehatan dari Jakarta.

Acara dilanjutkan dengan senam dan ditutup dengan minum tablet penambah darah bersama.

“Acara ini sangat bermanfaat untuk siswi-siswi kami. Mereka sebagai remaja putri kadang mengalami anemia atau kurang darah saat menstruasi. Sehingga gerakan Nasional minum tablet penambah darah ini sangat bermanfaat.” jelas Agus Tiono, Kepala Madrasah saat meninjau langsung kegiatan.

“Kegiatan ini adalah usaha dari pemerintah untuk mencegah anemia untuk remaja putri. Remaja putri kelak akan menjadi seorang ibu, sehingga kondisi kesehatannya harus dipersiapkan sejak dini.” tutur Nanik, Bidan Puskesmas Sooko yang mengawal kegiatan di MAN 2 Mojokerto kemarin.

Sebelum kegiatan ini, MAN 2 Mojokerto melalui PMR dan UKS secara rutin telah membagikan tablet penambah darah untuk siswi-siswi. PMR MAN 2 Mojokerto mengajak teman-temannya untuk bersama mencegah anemia. Tablet penambah darah ini dibagikan secara gratis oleh madrasah secara berkala. (LIA)

Leave a Comment