Kab. Mojokerto (MTsN 2 Mojokerto) – Hari Kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 agustus, selalu memberikan kesan yang hangat dan mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Semuanya bersama-sama bersatu untuk merayakan hari yang bersejarah ini. Perlombaan yang sudah menjadi agenda tahunan MTsN 2 Mojokerto adalah perlombaan tradisional, yang dilaksanakan pada hari Selasa (16/08).

Panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Husnuz Zaimah mengatakan untuk peringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia. MTsN 2 Mojokerto mengadakan kegiatan selama 3 hari yaitu hari Senin – Selasa, 15 – 16 Agustus 2022 lomba tradisional dan dilanjutkan hari Rabu, 17 Agustus 2022 upacara bendera di halaman MTsN 2 Mojokerto.

Jenis lomba yang diikuti siswa/siswi adalah, tarik tambang, menyentelkan topi, menyuwun tempeh, memindahkan kelereng, membawa balon, memasukkan paku ke dalam botol dan memindahkan air kedalam botol, semua dilakukan secara berkelompok.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala MTsN 2 Mojokerto Nur Kholis yang menyebutkan bahwa perlombaan ini diadakan bukan hanya untuk bersenang-senang saja melainkan untuk mengenang jasa para Pahlawan peraih kemerdekaan dan juga menggali dan mengasah bakat para siswa.

Selain itu, Ia katakan manfaat lomba di acara 17 Agustus untuk tingkat anak-anak adalah pertama, membangun rasa percaya diri. Kedua, memupuk semangat cinta tanah air. Ketiga, mengasah kreativitas dan keberanian anak. Keempat, mendorong anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Dan kelima, melestarikan budaya Indonesia. Ini semua dilaksanakan semata-mata “Untuk mengenang jasa-jasa para Pahlawan yang merebut bumi Indonesia dari penjajah bangsa asing,” imbuh Nur Kholis. (S. Zaim) 

Leave a Comment