Kab. Mojokerto (MTsN 2 Mojokerto) –Pembinaan peserta didik tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dan dilanjutkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 39 tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan. Oleh karena itu, di apel pagi Kepala MTsN 2 Mojokerto memberi pembinaan siswa pada Try Out Pertama, Sabtu (19/03).

Dalam sambutannya kepala MTsN 2 Mojokerto Nur Kholis menyampaikan dengan adanya Try Out Pertama. Tujuan, pertama, untuk mengetahui sejauhmana siswa dalam mengikuti pelajaran selama ini. Kedua, belajar tidak hanya mencari nilai saja tetapi wawasan pun harus kita dapatkan. Ketiga, belajar dengan sungguh-sungguh harus diniatkan dalam hati, tanpa diniati niscaya belajar yang dilakukan siswa tidak membuahkan hasil yang maksimal. Keempat, melatih kejujuran siswa dalam mengerjakan soal di rumah secara daring.

Beliau juga katakan,”Manusia diperintahkan Alloh untuk belajar dan belajar.” Hanya saja memang kualitas akal manusia itu berbeda-beda. 

Selain itu, kepala madrasah Nur Kholis juga menyampaikan pertama, siswa harus disiplin dalam belajar baik di madrasah maupun di rumah. Kedua, siswa tidak boleh terlalu banyak absen alpa. Ketiga, siswa harus selalu melaksanakan protokol kesehatan di madrasah atau di rumah. Keempat, siswa berangkat ke madrasah tidak boleh terlambat masuk kelas dari waktu yang sudah ditentukan oleh madrasah.

Renggowati Waka. Akademik menjelaskan tata tertip dalam mengerjakan soal try out secara online yaitu pertama, siswa harus absen dulu sebelum link soal di kirim panitia dan dilanjutkan berdoa. Kedua, soal diberikan panitia kepada siswa 15 menit sebelum jam yang sudah ditentukan dimulai. Ketiga, siswa harus mengisi identitas sesuai perintah diaplikasinya. Keempat, siswa dianjurkan submit 5 menit sebelum waktu mengerjakan soal ditentukan panitia.

Keberhasilan try out ditentukan oleh handphone dan alat peraga lainnya. Dan yang terpenting lagi adalah “KEJUJURAN” dalam mengerjakan soal. (SK. Renggowati) 

Leave a Comment