Kab. Mojokerto (MTsN 2 ) – Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) adalah sebuah bentuk kegiatan untuk peningkatkan sumber daya siswa/siswi untuk mendalami  dan memahami tentang konsep dasar sebuah organisasi. Dengan diselenggarakan LDKS ini, kepala madrasah mengharapkan dalam hal ini peserta LDKS MTsN 2 Mojokerto dapat menjadikan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang baik dan disiplin. Selain itu, diharapkan juga muncul kader-kader organisasi yang memiliki mental kepemimpinan yang berkualitas tanpa mengesampingkan nilai-nilai keagamaan. Maka dari itu, LDKS dilaksanakan MTsN 2 Mojokerto, Selasa (12/10). 

      Kepala MTsN 2 Mojokerto Nur Kholis dalam sambutannya mengatakan tujuan LDKS adalah pertama, meningkatkan dan memantapkan mutu kepemimpinan. Kedua, meningkatkan kemampuan berorganisasi dan mampu menjadi pemimpin yang bertanggungjawab. Ketiga, meningkatkan dan mengembangkan serta memperluas wawasan dalam melaksanakan tugasnya. Keempat, memberikan kesempatan belajar bagi peserta LDKS, bagaimana menjadi pemimpin yang memiliki moral yang baik. Kelima, mendorong, membimbing serta mengarahkan potensi kepemimpinan.

      Selain itu, kepala madrasah menyampaikan melalui LDKS, “Siswa diharapkan lebih berani bermain peran aktif, tampil dalam menyuarakan  aspirasinya kepada pihak madrasah, sehingga  dalam proses pembangunan kearah kemajuan madrasah dapat terealisasi secara bersama-sama”, tegas Nur Kholis.

Ketua panitia LDKS Aslihatun Nikmah menyampaikan dalam laporannya pertama, siswa yang mengikuti kegiatan tersebut dari kelas VII dan VIII. Kedua, jumlah siswa yang ikut LDKS sebanyak 52 anak. Ketiga, siswa yang terpilih calon OSIS betul-betul pilihan dari berbagai sumber intelektual siswa. Dan keempat, kegiatan LDKS dilaksanakan tanggal 12 Oktober 2021 dan 16 Oktober 2021.

OSIS merupakan tempat dan sarana untuk berkomunikasi, menyampaikan pikiran dan gagasan dalam usaha untuk lebih mematangkan kemampuan berpikir wawasan, dan pengambilan keputusan. (SK.A.Nikmah)

Leave a Comment