Kab. Mojokerto (MAN 2 Mojokerto). Salah satu Guru MAN 2 Mojokerto, Yulia Pratitis Yusuf, hari ini Senin (20/9) menjadi pembicara dalam Seminar Pembekalan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2019 dengan tema Menuju PLP yang berkualitas di ruang seminar jurusan pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Surabaya.

“Saya menerima surat permohonan dari Unesa untuk memberikan ijin bagi guru saya untuk menjadi narasumber seminar di Unesa minggu yang lalu. Ya tentu saja saya ijinkan. Kami sangat bangga ada Guru dari madrasah ini yang dipercaya memberikan pembekalan bagi mahasiswa yang akan terjun PLP di sekolah-sekolah. Apalagi diminta secara resmi oleh Universitasnya para calon guru.” tutur Agus Tiono, Kepala Madrasah saat ditemui di kantornya tadi siang.

“Saya senang sekali bisa berbagi sedikit pengalaman dengan adik-adik mahasiswa yang energik dan smart. Di seminar tadi saya berbagi pengalaman tentang pengelolaan kelas dengan berbagai metode terutama metode Hybrid, blended learning untuk PTM dan PJJ sekaligus. Saya juga menunjukkan perangkat pembelajaran yang saya miliki, RPP satu lembar, RPP moda daring dan LMS (Learning Management System) yang dimiliki madrasah kita.” jelas Yulia Pratitis panjang lebar setelah kegiatan.

Seminar ini dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Unesa, Didik Nurhadi, M.Pd. M.A. Ph.D dan dihadiri langsung oleh dosen-dosen senior Pendidikan Bahasa Jepang Unesa.

Dengan seminar ini diharapkan dapat memberikan bekal bagi mahasiswa sebelum mereka terjun ke sekolah-sekolah untuk melaksanakan PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) dalam waktu dekat.

Seminar ini diikuti oleh sebagian mahasiswa Angkatan 2019 secara langsung dan juga diikuti oleh mahasiswa lainnya dengan zoom meeting dari rumah. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat. (LIA)

Leave a Comment